ETHIC STATEMENT

Etika Publikasi Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi:

Tugas Penulis


1. Standar Pelaporan: Penulis harus menyajikan laporan akurat dari riset asli yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Para peneliti harus menyajikan hasil mereka secara jujur dan tanpa fabrikasi, pemalsuan atau manipulasi data yang tidak tepat. Naskah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya. Pernyataan yang curang atau dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Naskah harus mengikuti pedoman pengajuan jurnal.

2. Orisinalitas dan Plagiarisme: Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli. Naskah tidak boleh diserahkan secara bersamaan ke lebih dari satu publikasi kecuali para redaksi telah setuju untuk melakukan publikasi bersama. Pekerjaan dan publikasi sebelumnya yang relevan, baik oleh peneliti lain maupun penulisnya, harus benar-benar diakui dan direferensikan. Literatur utama harus dikutip jika memungkinkan. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang sesuai.

3. Publikasi Ganda, atau Bersamaan: Penulis tidak boleh secara umum mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan naskah atau naskah yang berlebihan yang menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Publikasi ganda yang timbul dari satu proyek penelitian harus diidentifikasi secara jelas seperti itu dan publikasi utama harus dirujuk.

4. Pengakuan Sumber: Penulis harus mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dan mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan. Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan.

5. Posisi Penulis pada Artikel: Penulisan publikasi penelitian harus secara akurat mencerminkan kontribusi individu terhadap pekerjaan dan pelaporannya. Orang lain yang telah membuat kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan memasukkan nama mereka sebagai rekan penulis.

6. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Semua penulis harus mengungkapkan secara jelas dalam naskah mereka setiap konflik substantif yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka.

7. Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan: Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu dewan redaksi jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan dewan redaksi untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel tersebut.



Tugas Dewan Redaksi

Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi bertanggung jawab untuk memutuskan mana artikel yang dikirim harus ditinjau dan dipublikasikan. Validasi karya yang dipertanyakan dan kepentingannya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan semacam itu. Pemimpin redaksi harus serius mencegah pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Seorang dewan redaksi harus mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.


Dewan Redaksi tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun pada naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari pengarang, peninjau, peninjau potensial, penasehat editorial lain, dan penerbit yang sesuai. Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang disampaikan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau gagasan istimewa yang diperoleh harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.


Dewan Redaksi harus mewajibkan semua kontributor untuk mengungkapkan kepentingan pesaing yang relevan dan mempublikasikan koreksi jika kepentingan yang bersaing diungkapkan setelah publikasi. Seorang dewan redaksi harus mengambil langkah - langkah yang cukup responsif ketika keluhan etika telah disampaikan mengenai naskah yang diserahkan atau makalah yang diterbitkan, bersama dengan penerbit (atau masyarakat). Setiap tindakan yang dilaporkan perilaku penerbitan yang tidak etis harus dilihat, bahkan jika ditemukan beberapa tahun setelah publikasi.